Keutamaan Haji Dan Umroh Sebagai Pengikis Kemiskinan

Masa iya sih salah satu keutamaan menuaikan ibadah haji dan umroh sebagai pengikis kemiskinan? kalau iya tidak heran bukan banyak dari umat muslim yang berlomba-lomba untuk menuaikannya, bahkan mereka rela menunggu lama dan menyisihkan sebagaian rezekinya untuk bisa mengunjugi Baitullah. Semoga niat dan keinginan sobat Abitours untuk berangkat umroh/ haji bisa disegerakan ya. Aamiin..

Sebelum masuk ke inti pembahasan, sobat Abitours tidak perlu khawatir untuk bagaimana bisa berangkat umroh maupun haji. Ada banyak kesempatan dan cara untuk menuaikan ibadah umroh maupun Haji karena Abitours memiliki banyak rekomendasi paket umroh murah dan promo tiap session nya untuk sobat Abitours. Jadi jangan khawatir dan tetap stay tune di website untuk mendapatkan paket murah dan promonya.

Mengapa kita harus berlomba-lomba untuk soal ibadah, karena setiap ibadah yang telah kita lakukan pasti akan berbuah manis. Seperti ibadah yang lainnya dalam Islam, haji dan umroh juga mempunyai keistimewaan dan manfaat bagi mereka yang menjalankannya. Salah satunya dapat menghilangkan kekafiran seorang hamba yang telah mengerjakannya.

Keutamaan Haji Dan Umroh Sebagai Pengikis Kemisikan Telah Dijelaskan Oleh Abdullah, Rasulallah SAW Bersabda:

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).

Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri rahimahullah menjelaskan bahwa maksud menghilangkan kemiskinan di sini bisa bermakna dzahir atau makna batin. Beliau berkata,

أي يزيلانه وهو يحتمل الفقر الظاهر بحصول غنى اليد ، والفقر الباطن بحصول غنى القلب

“Haji dan umrah menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir, dengan terwujudnya kecukupan harta. Bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati.”

Qana’ah adalah kekayaan terbesar dalam hidup manusia, merasa bahagia dengan apa yang Allah berikan walaupun orang lain (orang kaya) menganggapnya kurang.

Mungkin banyak yang berpikiran bahwa menuaikan ibadah haji maupun umroh hanya membuang-buang uang dan merupakan pemborosan tentunya pemikiran ini salah besar. Begitu banyak keutamaan serta manfaat ketika menjalankan ibadah umroh/ haji salah satunya pengikis kemiskan kecuali, semua proses ibadah dilakukan dengan ikhlas dan runtut. Beribadah karena Allah SWT tidaklah sia-sia apalagi pemborosan justru ketika Allah SWT melihat usaha dan perjuangan kita menuaikan kewajiban ibadah kita ke Allah, InsyaAllah Allah akan balas berkali-kali lipat yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Baca juga

Rekomendasi berita & artikel

Mau liburan keliling dunia ?

Bersama Abitours liburan anda akan nyaman, aman, dan berkesan. Tentunya kami akan tawarkan harga paket yang terjangkau dan fasilitas istimewa. Tunggu apalagi booking sekarang juga !